Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / Ayam Geo / Video Proses Telur Ayam Menetas ala BackyardGeo

Video Proses Telur Ayam Menetas ala BackyardGeo

/
/
/
video
938 Views

Bisa jadi benar kata banyak orang nyang bilang jika ‘menunggu itu adalah pekerjaan menjemukan’, begitu juga nyang Galeleo alami saat itu. Ayam sudah punya, kandang sudah direka, telur pun sudah ada. Setiap telur nyang datang dari indukan sudah dimasukkan kedalam inkubator mengingat trauma telur kemarin-kemarin nyang dipatuk induknya. Namun hanya untuk menghitung 21 hari itu rasanya lama sekali, bro. Tapi apa boleh buat karena waktu tetas standar unggas memang sekitar 21 harian. Namun ketika menjelang hari cangkang itu pecah hingga menampakkan wujudnya Galegeo pun niat membuat video proses telur ayam menetas ala backyardGeo, dari sinilah cerita itu mulai.

Kebayang gak sih lo… saban ari ‘cengok’ disamping inkubator, mengintip dari celah kaca nyang dibuat untuk melihat keadaan telur didalam inkubator itu rasanya gimana gitu. Tiap hari kudu rajin merubah posisi telur. mulai dari pagi jam delapanan, trus diputar lagi jam 1 siang, jam 5 sore, 9 malam hingga jam 1 dini hari (karena setelah jam itu waktunya tidur). Dan setiap hari hingga saatnya menetas selalu diputar dengan durasi nyang sama. Itulah derita mesin tetas telur manual.

Proses memutar/membalikkan telur berguna untuk mendapatkan panas merata, menjaga bibit agar tidak menempel pada cangkang telur serta mencegah kuning telur melekat dengan tenun selaput pembungkus anak (allantois).

Sengsara itu berubah nikmat saat cangkang telur mulai retak dan menyisakan pekerjaan nyang nyaris tiap menit adalah mengintip kondisi telur retak dalam inkubator, masih berasa membosankan. Karena ternyata proses lahiran anak ayam dari cangkang hingga bebas total itu bisa butuh waktu seharian lebih.

So..what, salah satu  wujud sederhana bahagia itu adalah ketika bisa melihat tingkah anak ayam nyang ingin keluar dari cangkang lho.

Video Proses Telur Ayam Menetas ala BackyardGeo

Maapkan, proses pengambilan film anak ayam menetas ini bukanlah dari hasil tetas pertama BackyardGeo, sebabnya jujur karena dulu tidak kepikiran samsek untuk mendokumentasikannya. Baru sekaranglah ‘ngeh’ dan nyadar jika selama ini ada Redmi Note 3 Pro disaku nyang bisa dimanfaatkan untuk merekam semua aktifitas telur menetas. Video proses telur ayam menetas ini niat awalnya dibuat untuk dokumentasi pribadi saja. Namun rasanya tidak puas jika bahagia ini tidak dibagi. Semoga bisa bermanfaatlah.

PS: Mulai dari artikel ini Galegeo akan mencoba mendokumentasikan semua rutin aktifitas di BackyardGeo khususnya dan keseharian Galegeo nyang rasanya mengandung pembelajaran akan termuat di galegeo.com baik berbentuk gambar maupun video. Insya Allah.

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *