Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / Ayam Geo / [Video] Titip Netas Telur Cemani Ke Lain Indukan

[Video] Titip Netas Telur Cemani Ke Lain Indukan

/
/
/
video
923 Views

BackyardGeo adalah Penangkaran ayam belakang rumah nyang memang seadanya. Kadang tidak mengacu pada aturan perunggasan umum nyang berlaku, sekehendak hati tapi bukan bearti tak mau mencari informasi untuk terus bisa mandiri. Kini saatnya -sedikit- keluar jalur dari tata cara penetasan telur. Umumnya telur menetas karena dierami biangnya. Selain itu adalah menggunakan mesin tetas telur nyang proses kerjanya mencoba mengikuti pola Indukan nyang sedang mengeram telur. Namun aji mumpung ada telur cemani nganggur, alternatif pilihan Galageo kali ini bukan dua cara diatas melainkan titip netas telur Cemani ke beda indukan.

Cara nyang dipilih Galegeo untuk menetaskan telur ayam dengan titip eram ini muncul karena kepepet disebabkan putus asa. Bagaimana tidak, rasanya sudah banyak telur dimasukkan kedalam inkubator tapi nyang berhasil menetas hanya sebagian kecil saja. Biar kode etik syarat penetasan telur ayam sudah kepegang yaitu fertil dan infertil, jujur rasanya gak ikhlas aja. Maap,.. jadi curhat. Ini hanya pikiran Galegeo saja lho. Bisa jadi memang mesin tetas sederhana milik Galegeo tidak masuk kategori standar inkubator. Tapi nyang pasti,..rejeki BackyardGeo baru sampai disitu dikasih-Nya.

Berhubung memang kondisinya memungkinkan disaat ada telur nyang ingin ditetaskan pilihan tetas tidak pada mesin, namun kali ini metode tetas nyang dipakai adalah titip eram. Ya,.. berhubung ada betina sedang mengeram telurnya, Galegeo menyisipkan telur dari ayam lain untuk dierami. Ayam nyang sedang itu adalah jenis Serama sedang telur titipan itu dari jenis Cemani. Spekulasi titip netas ini sengaja diambil dengan sudah memperhitungkan bahwa Serama itu memang baru mulai mengeram dan bukan nyang sudah mengeram setengah jalan. Telur Cemani nyang dititipkan itu ada 5 butir. Dan mulailah proses titip netas telur ayam ke lain indukan itu.

Dari awal Galegeo sudah ikhlas menerima apa adanya jika telur titip eram itu tidak menetas. Karena jujur, niatnya mencoba. Dan memang dibeberapa forum proses titip netas juga dilakukan oleh para Breeder, jadi apa salahnya jika sekarang giliran BackyardGeo mencoba melakukannya.

Waktu berlalu dan semua aktifitas BackyardGeo berjalan seperti biasanya. Dari pagi membuka kandang biar ayam Galegeo bisa bebas berkeliaran. Asli BackyardGeo adalah kandang tebar jadi boleh jadi kelasnya tergolong kelas ayam tebar. Hanya beberapa nyang sengaja ditaruh dikandang untuk memperlancar proses kawin juga mencegah sesama ‘Jago’ berkelahi.

Hasil Titip Netas Telur Cemani Ke Lain Indukan

Dan hari itu datanglah perubahan. Saat membuka pintu belakang rumah nyang menjadi akses masuk ke pekarangan BackyardGeo, Sayup Galegeo mendengar ciap-ciap suara anak ayam padahal tidak ada ayam kecil disana. Antara percaya dan tidak Galegeo menghampiri kandang tetas tempat penitipan telur cemani dan benar, ada satu anak ayam cemani didalam kandang besi tertutup itu. Alhamdulillah, dengan ini dinyatakan bahwa titip netas telur ayam ke lain indukan ternyata juga bisa.

Tak berhenti sampai disitu, esok harinya Galegeo melihat ada dua cemani baru dalam kandang Serama nyang mengeram. jadi total ada tiga cemani. Sedang telur Serama aslinya sendiri belum terlihat tanda-tanda bakal menetas. Dan sampai artikel ini ditulis, belum ada lagi anak ayam lahir. Seramanya pun tampaknya sudah tidak mau mengerami telurnya lagi.

Pfff,.. senang rasanya melihat anak-anak ayam itu menikmati keseharian mereka dengan induknya. Lega rasanya Eksperimen titip eram telur itu berhasil. Lihatlah video hasil titip netas telur Cemani ke induk Serama itu. Semoga anak-anak cemani itu tidak bertanya mengapa penampakan mereka beda dengan induknya.

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *