Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / DIY Geo / DIY: Sagak Umbi Ala Kadar

DIY: Sagak Umbi Ala Kadar

/
/
762 Views

Punya backyard nyang isinya unggas memang kudu butuh perawatan ekstra. Dan backyardGeo berisi macam-macam Gallus tentu perlu perhatian lebih untuk urusan pakan. Perkara mengapa kemarin galegeo mengambil keputusan untuk memelihara ayam adalah karena ada nasi dari dapur dirumah nyang biasanya terbuang percuma, dan itu terkadang membuat hati orang tua dirumah sedih karena merasa nasi nyang dimasak tidak dimakan (padahal nasi nyang dimasak memang takarannya kebanyakan). Dengan adanya ayam-ayam dibelakang rumah membuat hati orang tua menjadi senang.

Tapi seiring berjalan waktu, kebutuhan pakan ayam-ayam tersebut meningkat. Rasanya menyiksa membiarkan para unggas itu mencari makan sendiri disaat rumput dihalaman belakang justru sudah lebih dulu habis mereka lahap. Sedang mengharap nasi sisa dari dapur juga tidak tiap hari, (tergantung penghuninya lahap makan atau tidak). Disinilah ide membuat Sagak Umbi itu muncul agar para unggas dalam kandang backyardGeo terjamin kebutuhan pakannya.

Bertemu dan ngobrol dengan teman nyang juga pengrajin ayam muncullah ide sagak itu. Sagak adalah parutan dalam bahasa Bangka nyang biasanya digunakan untuk memarut umbi-umbian, kelapa dan sebagainya. Jika dihitung harga, kelas harga sagak bukanlah termasuk barang mahal, dasar saja galegeo mencari kerjaan ketimbang bengong. Dan sagak dari seng geo.

Bahan baku sagak Umbi ala kadar

Sagak umbi ala Galegeo

Galegeo masih betah menerapkan prinsip ekonomi dalam proses pembuatan sagak umbi ini. Itulah mengapa pilihannya adalah seng galvalum bekas. Rasanya ini adalah alternatif pilihan termudah untuk membuat parutan karena bahan seng masih ada disekitar kita. Tak perlu seng berukuran besar. Secukupnya sesuai dengan nyang kita butuhkan.

Peralatan pendukung lainya adalah:

    • Palu
    • Obeng Min
    • Kayu kecil bekas
    • Kayu papan bekas

Cara membuat sagak umbi sederhana

Seng bekas nyang sudah kita dapat dipotong sesuai keinginan. Siapkan palu, obeng min serta papan nyang ada dan kita mulai proses pembuatan sagak itu. Seng diletakkan diatas papan lalu dipahat menggunakan obeng min (ukuran obeng akan menentukan besar kecilnya lubang parutan) menggunakan palu. Setelah lubang memenuhi seng selanjutkan kita membuat frame sagak tersebut menggunakan kayu kecil bekas sebagai penguat saat parutan tersebut akan digunakan. Dan jadilah DIY: Sagak Umbi Ala Kadar versi galegeo.

Cara menggunakan parut umbi sederhana ini sangat mudah. Anda bisa melihat video sagak umbi diatas. Selamat mencoba.

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *