Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / Ayam Geo / Pakan Ayam Alternatif Termurah Berkualitas

Pakan Ayam Alternatif Termurah Berkualitas

/
/
1533 Views

Berani pelihara ayam? entah itu untuk aduan, jadi kolektor jenis ayam hias bahkan sampai tahapan kelas berat yaitu sebagai ladang pencarian. Itu berarti anda harus siap berhadapan dengan masalah kotoran ayam, kesehatan ayam juga pakan ayam. Iya jika jenis Gallus nyang ada dirumah anda ada di kisaran 5 ekor rasanya belum terlalu ‘menekan punggung’ untuk memberi pakan para unggas tersebut, nasi bekas dirumah pun masih cukup untuk keseharian peliharaan tersebut. Kendala jadi berarti saat jumlah ayam bertambah maka jumlah ransum pun meningkat pesat. Karena skala peternakan ayam galegeo condong kearah backyard dan bukan farm, perkara pakan jadi perhatian khusus disebabkan nasi sisa dari rumah sudah tidak mencukupi lagi. Sedang untuk menghadirkan pakan pabrik kudu nyiapin dana taktis nyang itu tidak tersedia. Jadilah kegiatan pencarian pakan ayam alternatif termurah berkualitas pun mau tidak mau harus dilakukan.

Ada banyak sebenarnya pakan ayam alternatif nyang dari sisi biaya tergolong murah serta berkualitas dan bukan bikinan pabrikan. beberapa diantaranya adalah: pohon Talas, ampas Tahu, onggok singkong, cacing tanah, limbah udang, keong Mas dan masih banyak lagi nyang laen. Tapi bukan pakan tersebut nyang akan dibahas berhubung jenis pakan ayam alternatif itu sudah umum dipasaran. Pakan ayam alternatif termurah berkualitas versi suka-suka kali ini adalah batang kangkung!

Pakan Ayam Alternatif Termurah Berkualitas dari Batang kangkung
Pakan Ayam Alternatif Berkualitas dari Batang kangkung

Apa bisa batang kangkung jadi makanan alternatif ayam? Dari referensi hasil jelajah internet menyebutkan sangat bisa karena kayanya Kangkung akan kandungan gizi dari hijau daunnya yang sangat dibutuhkan ayam. Hanya saja backyardgeo hingga saat ini masih menerapkan prinsip ekonomi dalam perawatan kandang beserta penghuninya. Dan disaat biaya pakan ayam harus ditekan, -maap- apapun itu selama bisa dimakan oleh hewan peliharaan dalam kandang tanpa ada efek samping maka jenis makan itu akan tetap diberikan. Karena galegeo masih bisa mendapatkan batang kangkung tanpa biaya, ya jadilah jenis sayuran hijau kaya gizi ini jadi pakan ayam alternatif termurah berkualitas. Itupun hanya batangnya.

Kenapa batang kangkung dan bukan kangkung utuh lengkap dengan daunnya? jawabnya karena memang hanya itu nyang bisa didapatkan secara gratis. Daunnya sudah dipakai untuk pelengkap jenis makanan Pecel dan Karedok. Lalu bagaimana cara pemberian pakan ayam alternatif dari bahan batang kangkung tersebut. Apa diberikan langsung pada unggas atau harus diolah dulu?

Cara pemberian pakan ayam alternatif

Dari cara pengamatan dilapangan (hadeeh bahasanya) jika batang kangkung tersebut langsung diberikan kepada ayam, hasilnya ayam butuh waktu untuk menelannya. Para unggas dalam kandang terlihat berusaha keras untuk mencabik batang kangkung agar bisa lancar masuk mulut hingga perut. Rasanya tak tega melihat kerasnya usaha para ayam-ayam hanya untuk makan saja. Jadi mending tumpukan batang kangkung itu dipotong/diiris kecil-kecil seukuran nyang mudah ditelan ayam, sekitar setengah hingga satu centimeter. Setelah dikira banyak lalu taruh ditempat makan ayam. Wis,.. itu saja dan hanya segitu prosesnya.

Percayalah di jaman serba mahal seperti sekarang, meracik pakan ayam alternatif termurah dan berkualitas adalah satu-satunya pilihan. Apalagi untuk kelas peternakan ayam konvensional. Harga pakan ayam nyang gak ngimbang dengan kenaikan harga ayam jelas bisa membuat rugi pemain peternakan ayam. Tinggal kita saja kudu jeli memilih dan meramu pakan ayam berkualitas tersebut. Semoga saja batang kangkung potong nyang diberikan bisa membuat ayam sehat serta meningkatkan produktifitas telur. Selamat mencoba.

Save

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *