Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / DIY Geo / Komputer Rusuh: Berasa Hidup Mati Gaya

Komputer Rusuh: Berasa Hidup Mati Gaya

/
/
796 Views

Kita ini sejatinya hidup dalam kecanduan. Rasa dengan tingkat kejangkitan parah nyang tidak mentolelir kita berdiam dari apa nyang biasa kita kerjakan untuk sesuatu nyang kita senangi. Dan saat tidak bisa mendapati kesenangan itu, asli semua jadi tidak menarik lagi. Hari ini komputer rusuh. Keseharian nyang pakai tidak pakai pengennya liat benda elektronik satu itu tetap hidup, kini mangkat. Tidak bisa ‘ON’ lagi. Jadilah hidup galegeo mati gaya.

Komputer buat galegeo dirunut dari tingkat candu akut duduk diperingkat kedua setelah tembakau. Berasa sepi kalo komputer mati. meski tidak ada nyang dikerjakan, paling tidak bisa untuk mendengar Winamp pun sudah cukup. Sekarang pas ada gawean nulis di galegeo.com, eh malah mati. Otomatis update galegeo terhenti. Dan itu tidak bisa dibiarkan lama, ketergantungan akut sudah sampai pada titik jenuh untuk sesegera mungkin mengambil tindakan. Mencari onderdil Mainboard agar bisa merakit komputer bisa pakai.

Cara Mengakali komputer rusuh itu adalah..

Ada dua stok motherboard/mainboard (MB) nyang siap test. kedua-duanya adalah ‘berkah anak sholeh’ dari teman nyang gak rela melihat galegeo mati gaya karena gak ada komputer (thanks to you a lot, guys). Nyang satu type GA H61M-S2P satunya lagi GIGABYTE GA-945GCM-S2L. Masing-masing punya kelebihan. Nyang satu isi prosessornya sudah i5, nyang satu bisa buat SATA dan PATA. Tapi pilihan utama jatuh ke i5 punya H61M-S2P secara belon pernah ngerasain tehnology Core i Series, dan abaikan dulu fitur Storage Interface punya 945GCM-S2L.

Dengan cara merakit seadanya singkat cerita komputer pun jadi. Nyala dan sah, galegeo bisa ngerasain seru pakai Core i5. Tapi… pas sudah install semua program nyang diperlukan trus dimatiin dan ditinggal tidur, besoknya pas mau dinyalain lagi gak respon. wat de f…!

Casing dibuka dan dilihat sembari menekan tombol power ternyata cuma bisa nyala sebentar lalu mati. Sedih, karena berasa i5 nya cuma sebentar. Karena guna komputer galegeo memang bukan fokus untuk ‘faham’ berat-berat, namun untuk bisa browsing dan office saja sudah cukup. Jika bisa lebih pun, Alhamdulillah. Dan karena hidup tak berhenti hanya gara-gara i5 saja disaat ada MB laen nyang siap di test, maka waktunya beralih ngutak-ngatik GA-945GCM-S2L.

GA-945GCM-S2L terpasang dan siap dinyalakan. Sayang, pada proses tekan tombol power saja MB itu tak bergeming dan hanya bisa berbunyi tit-tit panjang. Mulai berasa lah dunia seakan runtuh karena tak satupun MB nyang siap pakai.

Seharian mencoba mencari cara ngadalin komputer tapi gak nemu, akhirnya galegeo mengambil keputusan untuk mencoba mencari titik sakit Mainboard semampunya. MB Core i5 jadi sasaran pertama untuk di oprek. Prediksi masalah ada di otaknya jadilah prosessor dibongkar. Setelah dilihat memang dari penampakannya memang agak kotor, timbul niat iseng pakai cara gila buat ngakalinnya. Tinggal ambil penghapus pensil dan bersihkan seluruh permukaan titik-titik emas Core i5. Sekira sudah bersih, prosessor ditiup serta disikat menggunakan sikat gigi bekas untuk membuang sisa penghapus nyang masih bandel menempel.

Setelah usaha pembersihan dirasa maksimal, i5 nya diletakkan lagi pada tempatnya, semua baut dipasang pada MB, casing ditutup, nyalakan dan… NYALA!!! Hore…
Pertama proses komputer masih mati-hidup sampai dua kali tapi nyang ketiga dan sampai sekarang galegeo menulis cerita komputer rusuh ini menggunakan komputer berotak i5. Alhamdulillah.

Apa boleh buat eksperimen untuk GA-945GCM-S2L nyang punya kasus bunyi saat dinyalakan tidak dilanjutkan, meski sayang dengan fitur nyang dimilikinya karena bisa menampung harddisk SATA juga PATA (secara backup data galegeo banyak lah di PATA).

komputer rusuh lagi
Stok harddisk backup-an. Ada nyang SATA tapi banyakan PATA

Entahlah diluaran mengatasi komputer mati-hidup menggunakan penghapus atau tidak, tapi itulah nyang galegeo lakukan. So.. jika memang teman-teman punya masalah komputer mati-hidup, cobalah trik galegeo ini. At least mengirit isi saku jika harus dikeluarkan untuk membeli prosessor baru. Semoga trik mengatasi komputer mati-hidup ini bisa bermanfaat. Do it yourself

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *