Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / DIY Geo / Cara flashing Asus Zenfone 2 ZE550ML (Z008D)

Cara flashing Asus Zenfone 2 ZE550ML (Z008D)

/
/
5452 Views

Awalnya cuma pengen hard reset saja berhubung sakitnya cuma lupa pola. Tapi ternyata sakit pasien satu ini tergolong kronis hingga mencapai taraf akut karena saban masuk mode recovery selalu error. Puas bolak-balik recovery tapi gak bisa juga akhirnya solusi terakhir nyang dipilih adalah di flash! sayang,.. ternyata cerita cara flashing Asus Zenfone 2 ZE550ML (Z008D) itu pun tak berjalan mulus meski akhirnya kelar juga.

Smartphone besutan pabrikan berbasis Taiwan nyang rilis Maret 2015 ini ternyata menjadi pengalaman pertama penulis berkutat nge-flash sampai jenuh. Padahal syarat standar flashing terpenuhi tapi pas praktek cukup bikin nyeri. Nah.. karena sudah dapet cara flashing Zenfone 2 nya jadi penulis coba berbagi.

Syarat pertama untuk melakukan flashing tersebut sih standar. Siapin saja bahan-bahan driver serta stock rom Zenfone 2 Z008D. Anda bisa browsing untuk memperolehnya jika belum punya.

Tools flashing Asus ZE550ML tersebut adalah:

  • Laptop/PC Windows OS
  • Kabel data USB
  • Driver USB
  • ASUS.Flash.Tool.v1.0.0.45
  • Firmware Asus Zenfone ZE550ML

 

Catatan: Untuk menjaga kemungkinan perangkat mati saat flashing maka pastikan baterai perangkat Zenfone 2 nyang mau di flash itu terisi minimal 70%.

Nah proses flashing Plan A inilah nyang punya cerita. Prosedur mati lalu masuk kembali dengan menekan tombol Power + Volume Up untuk masuk ke mode fastboot sudah sukses tapi Zenfone 2 itu tidak terdeteksi oleh ASUS Flash Tool. Sudah puas colok cabut kabel data juga pake acara goyang-goyang kabel USB nyang menempel di ASUSnya (sapa tau portnya kendor) hasilnya ASUS Zenfone tersebut juga bolak-balik ke-detek, kadang ada kadang tidak.

Sungguh kerja nyang melelahkan. Gak nyangka cuma mau balikin Z008D ke setelan awal pabrik ternyata berbuntut panjang. Sesadarnya juga sudah menghabiskan waktu berjam-jam. Susah hati berkubang dengan satu cara, penulis mencari cara reset alternatif Zenfone 2 tersebut. Pas nemu langsung praktek Plan B nya.

Dengan cara kedua ini, galegeo hanya mencari ADB Flashtool Asus sebagai bahan pelengkap reset. Setelah peralatan tempur sudah siap dan galegeo pun perang. Menghubungkan HP dalam mode Fastboot lalu njalanin ADB flashtool. Dalam jendela CMD ADB cukup ketik “fastboot -W” (tanda petik duanya gak usah ketik) dan… berhasil!

Kendala Cara flashing Asus Zenfone 2 ZE550ML (Z008D)

Sayang, entah memang pasien bernama Asus Zenfone 2 ZE550ML ini nyang rada angèl atau memang ilmu penulis nyang belum nyampe. Ketika dihidupkan ternyata Smartphone tersebut masih terkunci pola seperti sebelumnya. Galegeo pun melanjutkan perjuangan itu dengan menjalankan program ASUS flash Tool. Bedanya jika pada saat cara pertama diatas dengan mengunakan komputer berbasis Windows 10 64bit, maka kali ini cara flashing Asus Zenfone 2 ZE550ML (Z008D) tersebut memakai laptop dengan OS Windows 7 32bit.

Tak ada halangan berarti dalam proses flashing hanya waktu nyang dibutuhkan cukup lama dari waktu standar umum flashing, mencapai 30 menit. Itupun tidak nge-restart sendiri kudu dihidupkan manual. Dan saat menunggu booting setelah flashing rasanya deg-degan juga karena takut flashing nyang dilakukan ternyata gagal. Syukurlah, Layar ASUS ZE550ML menampilkan tampilan setting awal seperti saat kita baru membeli sebuah Smartphone nyang artinya lancar djaya.

Well, harusnya… pasien ini sudah pulang ke pemiliknya. Tapi ternyata sembuh ASUS itu gak tuntas pemirsa. Cerita panjangnya lagi adalah setelah flashing tersebut kita tidak bisa melanjutkan setup awal Smartphone karena terbentur setting account Google nyang tidak bisa diisi dengan alamat email lain kecuali dengan email nyang pernah terdaftar sebelumnya dalam perangkat tersebut, pffff.

Ya, tipe ASUS nyang jadi pasien kali ini adalah salah satu dari model Smartphone nyang punya fasilitas tehnologi FRP (Factory Reset Protect). Walhasil boncosnya ketika kita membeli satu HP dengan Fitur FRP ini akan membuat kita kelabakan saat ada masalah atau hendak di reset ulang seperti baru lagi, karena kita tidak bisa menggunakan smartphone itu hingga kita tau email dan password nyang digunakan pengguna HP itu sebelumnya,.. bikin kerjaan gak tuh.

Perjuangan itu masih berlanjut, jenderal. penulis harus menggali cara untuk mengobati sakit ASUS ini sampai tuntas. Berkutat nyaris semalaman, teman-teman nyang datang pun dianggurin cuma karena bandel sakit Zenfone 2 ZE550ML ini (maafkan daku temans..)

Meski lelah tapi jika memang sesuatu itu menunjukkan hasil itulah se-sederhananya bahagia. Browsing kemana-mana, solusinya adalah pada aplikasi Google Account Manager. Download lalu instal GAM truss masukkan email baru dan .. EUREKA!!!

Flashing Asus Zenfone 2 ZE550ML (Z008D) kelar setuntas-tuntasnya. Perkara pada akhirnya satu slot simcard tidak berfungsi itu masuk kategori laen penyakit dan harus ambil nomor pendaftaran untuk pengobatan ulang. 🙂

Demikian tutorial cara flashing Asus Zenfone 2 ZE550ML (Z008D) via ADB juga ASUS Flash Tool nyang sudah dipraktekkan sendiri oleh penulis. Semoga bermanfaat.

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *