Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / DIY Geo / Bedah Rumah Serama Lagi

Bedah Rumah Serama Lagi

/
/
740 Views

Hari ini doea Djuli 2017 retak satu telur serama backyardgeo, tepat waktu prediksi netasnya. Sejak vakum tak terisi kini inkubator sederhana galegeo mulai unjuk gigi lagi. Berhubung adat telur retak nyang berlaku di penangkaran ayam berlokasi di Menara ini adalah dibantu kupas, maka kini saatnya untuk operasi Caesar generasi penerus ayam Kate dengan dada membusung tersebut. Jika kemaren anakan Cemani nyang di operasi, kini waktunya bedah rumah Serama.

Tak banyak peralatan nyang dibutuhkan untuk mengelupas cangkang telur Serama. Jika disebut lengkap termasuk didalamnya adalah: obeng minus kecil, gunting kecil, kertas tisu serta daya konsentrasi tinggi. Langkahnya tergolong sederhana, prosesnya pun tak memerlukan waktu lama hanya dibutuhkan kehati-hatian karena ini menyangkut nyawa.

Mengapa backyardgeo menerapkan cara bedah rumah untuk mengeluarkan anak ayam dari telurnya sudah pernah dibahas saat galegeo menerapkan operasi Caesar anakan Cemani. Intinya hanya daripada spekulasi membiarkan cara manual anak ayam keluar dari cangkangnya sendiri justru malah beresiko mati (karena tak bisa memecahkan cangkang) Jadi cara menetaskan telur ayam tak selesai lewat mesin tetas tapi proses akhirnya adalah galegeo membantu mengeluarkan anakan dari cangkang dengan cara mengupas cangkang telur disaat sudah terlihat ada retaknya.

Cara Bedah Rumah Serama

Inti mengupas cangkang telur nyang dilakukan di backyardgeo sejatinya adalah meneruskan retakan itu menjadi bertambah besar dengan cara mengupas menggunakan obeng minus kecil. Sedikit demi sedikit dengan kehati-hatian membuka kulit keras telur tersebut sebatas selaput pertama (karena ternyata berdasarkan pengalaman terlihat mata adalah selaput pembungkus telur ada dua lapis).

Kupas cangkang sedikit demi sedikit tapi tak perlu sampai habis. Lalu mulailah tarik selaput pertama telur nyang sudah terkelupas dengan hati-hati agar selaput kedua tidak ikut terbawa, (resiko jika selaput kedua terkelupas sebelum waktunya akan menyebabkan titik kupas tersebut berdarah dan akan membuat kerjaan baru setelahnya karena darah mengering dan menempel dibadan anak ayam).

Setelah dirasa kulit telur sudah bersih (minimal setengah dari keseluruhan telur) langkah selanjutnya adalah mengintip kedalam selaput telur nyang tidak menempel ke badan anakan untuk dipotong menggunakan gunting. Tujuannya adalah agak anak ayam tidak kesulitan untuk membuka selaput telur untuk keluar dari cangkang. Dalam video bedah rumah Serama nyang Galegeo upload juga terlihat berdarah karena salah prediksi mengelupasnya, Maap ya ayam..

Setelah itu letakkan telur itu kembali ke dalam inkubator dan tunggu dalam waktu 3-4 jam untuk memberikan waktu pada selaput pembungkus telur mengering dan tidak menempel pada badan ayam agar memudahkan kita untuk membuka lebih lebar lagi. Pada operasi kali ini galegeo sedikit telat menyelesaikan pekerjaan karena anak ayam Serama itu sudah berhasil membuka lebar selaput nyang menutupinya. Galegeo hanya meneruskan sedikit dan selesailah proses bedah rumah Serama ini.

Terkait adat bedah rumah aka operasi Caesar ala Galegeo ini bisa jadi banyak nyang berujar itu cara nyang tak lazim, maapkan dan biarkanlah ini menjadi cara Galegeo hingga waktu memutuskan. Kini anak Ayam Serama itu telah keluar dari cangkangnya serta resmi melihat dunia. Semoga akan bisa menjadi generasi penerus Serama beranak pinak di Backyardgeo.

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *