Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / Ayam Geo / Backyard Serama: Ayam Taipau Punya Galegeo

Backyard Serama: Ayam Taipau Punya Galegeo

/
/
/
video
700 Views

Sah sudah Backyardgeo punya Serama. Salah satu unggas hias unik ini menghiasi halaman belakang Galegeo. Ayam Taipau, begitu sebagian orang di kepulauan Bangka Belitung menyebutnya. Pengertian Taipau bagi orang Bangka sendiri adalah, sombong/belagu. Nah, alasan mengapa Serama di-judge sebagai ayam Taipau karena sudahlah berpostur pendek, kecil ditambah tipikal Gallus satu ini mempunyai ciri dada membusung nyang seolah hendak berkata,”gue nyang punya dunia, lu pade cuma numpang.”

Bicara Serama sedikit

Postur Serama mirip ayam Katé, kecuali tentang dada Serama nyang membusung sedangkan Katé tidak. Porsi Serama juga lebih kecil ketimbang Katé. Dewasa Serama ukurannya kurang lebih sekepalan tangan orang dewasa. Bobot betina Serama dengan jantannya berkisar antara 300-350gr dan tinggi rata-rata sekilan (hitungan panjang dari jari jempol sampai jari kelingking). Dulu orang tau ayam Katé lah penyandang predikat ayam terkecil, namun saat Serama hadir gelar dalam dunia ayam terkecil pindah pada ayam Serama. Hingga Serama dikenal dunia dengan sebutan “The Smallest Bantam Chicken”.

Jujur. Pertama melihat Serama, mulut Galegeo sempat menganga beberapa detik (secara norak kampungan nyang emang ndak pernah liat ayam dengan dada membusung). Belumlah hebat seperti Serama lain but al least ini kebanggaan BackyardGeo. Lihat bentuknya, dengan warna jantannya saat tegak berdiri bahkan ekornya pun nyaris menyentuh kepala. Busungan dadanya seolah mengatakan,”saya tidak takut”. Padahal jika ‘Jago Cemani’ sudah mendekatinya, doi ngibrit kemana-mana.

Serama si Ayam Taipau

Serama itu unik. Penampilannya anggun dan gagah bak kesatria, gerakannya rame. Tidak seperti ayam lain kebanyakan nyang jika didekati maka mereka menjauh, ayam liliput ini justru senang mendekati kita tak perduli ada makanan atau tidak ditangan kita. Setidaknya itu nyang dialami Galegeo dengan Seramanya.

Sejarah Serama Si Ayam Taipau

Garis sejarah ayam Taipau ternyata sangatlah panjang dan berawal dari Kampung Cina, Kota Baru, Kelantan, Malaysia. Adalah Wee Yean Een, biasa dipanggil Pak Wee nyang hobi bereksperimen silang ayam. Mulanya ia menyilang ayam Silkie dengan ayam Kapan pada tahun 1973. Berharap bisa mendapatkan postur Serama kerdil dan membusung, Wee Yean Een menyilang ayam berkaki panjang dan berperawakan ramping milik ayam Kapan dengan Ayam Silkie nyang gempal namun kecil. Namun hasil silang itu tidak sesuai harapan karena nyang didapat malah Ayam Silkie kaki panjang.

Tak menyerah, Eksperimen ayam Serama Pak Wee mulai lagi ketika tahun 1980 dia mendapatkan ayam Kapan tapi kecil seperti Silkie serta kedatangan beberapa ayam Katai Jepang pada tahun 1985. Hasil penyilangan pertamanya sukses mendapatkan Katai Jepang berkaki panjang, namun hasil eksperimen itu masih tidak membuat Wee Yean Een puas. Dengan pertimbangan kisaran bobot ayam masih di 650 gram/ekor, pak Wee menganggap masih terlalu berat dan besar.

Pak Wee masih bereksperimen. Dia masih melakukan praktek silang Serama tersebut di tahun 1988, tapi dengan indukan dari hasil keturunan silang sebelumnya dengan ayam Katai Jepang Pilihan. Hasilnya, di tahun 1990 Wee Yean Een menghasilkan liliput pertama seberat 500gr. Bukan hanya mini maksi, sosok bentukan silang tersebut ikut berubah. Ayam nyang terlihat lebih ramping dengan ekor lawi lurus menjulang ditambah lagi dengan perubahan bentuk kepala lebih kecil serta sayap nyang mengantung menjuntai nyaris menyentuh tanah.

Dan jadilah Serama pertama itu. Pemberian nama ayam super mini itu dilakukan saat tampil perdana dalam kontes ayam hias di Batu Pahat pada 1990-an nyang membuat heboh dunia ayam hias pertama kali.

Serama berasal dari tokoh epos Ramayana bernama Sri Rama. Karena pembawaannya nyang gagah dengan dada membusung. Serama memang anggun saat berjalan. Malah orang Bangka menjulukinya ayam Taipau karena busungan dadanya nyang terkesan angkuh.

Serama si Ayam Taipau

BackyardGeo punya Serama meski belum seberapa. Ayam Taipau ala orang Bangka. Inilah Indukan Serama pertama Galegeo backyard. Lihat saja tingkahnya di Video Galegeo diatas. Tingkahnya beda.

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *