Galé [n] Geo

Gawi Gale Geo

Home / Ayam Geo / [Video] Koleksi Ayam Cemani Jengger Mawar BackyardGeo

[Video] Koleksi Ayam Cemani Jengger Mawar BackyardGeo

/
/
1367 Views

Keunikan satu unggas tak akan ada habisnya. Masing-masing punya ciri khas nyang tidak dimiliki unggas lain meski dari sama jenis. Nyang pasti semua menambah keanekaragaman Fauna nyang harus dilestarikan. Bicara tanda unik penangkaran BackyardGeo Pangkalpinang punya juga lho ayam unik, dan itu dari kelas Cemani. Dari beragam penggolongan ayam asli Kedu tersebut, Galegeo punya ayam Cemani Jengger Mawar.

Cemani memang sebutan untuk satu jenis ayam namun klasifikasi Cemani masih dibedakan dari warna dan bentuk tubuhnya. Galegeo mencoba merangkum perbedaan tersebut dari berbagai sumber dan mendapati perbedaan ayam hitam asli Kedu dibagi berdasarkan jenis bulu, bentuk jengger serta warna lidah. Dari 3 perbedaan itu kelas Cemani masih dibedakan lagi menjadi:

Bentuk bulu Cemani dibagi menjadi 4 yaitu:

  • Ayam Cemani Putih/Klawu (Abu-abu)/Blorok, adalah jenis cemani berwarna hitam diseluruh tubuh termasuk langit-langit atas lidah berwarna hitam. Namun memiliki bulu warna putih/abu-abu/hitam merah ( blorok ),
  • Ayam Cemani Bulu Biasa, yaitu kelas cemani dengan bentuk bulu ayam pada umumnya tetapi berwarna hitam,
  • Ayam Cemani Bulu Walik, yaitu ayam cemani dengan bentuk bulu tersingkap terbalik, dan
  • Ayam Cemani Rajeg (bulu besi / bulu lidi), adalah macam cemani dengan bentuk bulu lidi atau biasa disebut para pemain Cemani, rajeg wesi.

Bentuk Jengger Cemani digolong 4 jenis yaitu:

  • Ayam Cemani Wilah, adalah Cemani berjengger melebar ke atas,
  • Ayam Cemani Sumpel, yaitu Cemani berjengger bulat kecil (sumpel),
  • Ayam Cemani Telon, yaitu kelas Cemani berjengger melebar bercabang tiga (bagian tengah dan pinggir), dan
  • Ayam Cemani Mahkota/Mawar, yaitu Cemani nyang berjengger mirip mahkota dan sebagian menyebutnya mirip bunga mawar. Ayam Cemani jengger mawar inilah nyang termasuk penghuni BackyardGeo.

Warna Lidah Cemani dan Kulit dibedakan jadi 3 yaitu:

  • Ayam Cemani Biasa, yaitu Cemani dengan warna seluruh tubuh/kulit hitam tapi lidah berwarna abu-abu,
  • Ayam Cemani Super adalah Cemani dengan ciri-ciri sama dengan Ayam cemani biasa namun tekstur hitam pada kulit berwarna lebih pekat dari cemani pada umumnya,
  • Ayam Cemani Asli Lidah Hitam (LH), inilah Cemani nyang banyak diminati penghobi karena punya nilai jual belipat-lipat. Cemani LH adalah cemani total hitam termasuk lidah.

Ahh,.. dari cuma mau show off punya Ayam Cemani Jengger Mawar di backyard Galegeo jadi malah cerita panjang lebar tentang jenis unik cemani. Tapi paling tidak akhirnya jadi taulah jika Cemani juga punya banyak kelas unik.

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula,Vestibulum nec placerat orci. Mauris vehicula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *